Sabtu, Maret 01, 2008

Review Canon PowerShot S5 IS


Juli 2007, Canon mengumumkan peluncuran dari 8.0 Megapixel PowerShot S5 IS dengan optical zoom 12x. Kamera baru ini memiliki teknologi Image Stabilizer (IS) optical, optic dengan tingkat profesional dan fungsi2 film yang lebih beraneka ragam serta memperkenalkan sejumlah fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan kesuksesan fotografer.

Dengan adanya pemroses gambar DIGIC III dari Canon, Face Detection Technology meningkatkan fokus, pencahayaan dan flash untuk pemotretan orang sementara fitur Red-Eye Correction secara efektif memecahkan masalah red-eye pada foto yang dihasilkan. Jangkauan sensitivitas yang ditingkatkan menjadi ISO 80-1600 membantu sistem optical IS untuk performa lebih pada pencahayaan rendah.

Peningkatan lainnya termasuk LCD 2.5” dengan sudut yang bervariasi dengan resolusi yang lebih besar dan lebar, mode pemotretan tambahan dan perekaman video yang lebih panjang. Rancangan yang padat menggabungkan landasan yang menyediakan kompatibilitas dengan flash Canon EX Speedlite eksternal yang terpilih, menambahkannya kedalam daftar aksesoris yang meliputi pengubah lensa Wide, Tele dan Close-Up.

Fitur yang ada :
• Lensa 12x optical zoom dengan lensa Ultrasonix Motor (USM) dan
• Optical Image Stabilizer
• CCD 8.0 Megapixel
• DIGIC III dengan teknologi advanced Noise Reduction dan Face Detection untuk foto dan film
• Red-Eye Correction
• LCD 2.5” dengan resolusi tinggi dan sudut yang bervariasi
• Film VGA dengan durasi yang lama dan suara stereo serta Photo in Movie
• 22 mode pemotretan termasuk full manual control dan 0cm Super Macro
• High ISO 1600 dan Auto ISO Shift
• Cocok dengan lensa pengubah Wide/Tele/Close-up dan Canon EX Speedlite flash

Optik Presisi
Dengan mendapat keuntungan dari optik warisan Canon tahun 70-an, lensa 12x optical zoom (f/2.7 – f/3.5, 36-432 mm) menggunakan teknologi terdepan yang sama dengan yang dipakai pada lensa EF profesional :
Teknologi Optical Image Stabilizer (ID) mengurangi gambar yang buram sewaktu mengambil foto dan mengurangi getaran sewaktu merekam video. Lens-shift Canon tipe IS memberi fotografer kemungkinan untuk memotret pada kecepatan shutter sampai 3 stop lebih lambat tanpa peningkatan yang jelas dalam tingkat keburaman foto.
Ultra-Sonic Motor (USM) memberikan zoom yang cepat dan responsif dengan pengoperasian yang tenang, mengurangi resiko gangguan suara pada film dan atau sewaktu memotret subjek-subjek margasatwa.
Elemen lensa UD memastikan warna yang bagus dan kualitas tinggi.

Lensa pengubah Wide dan Tele yang optional menambahkan panjang fokal dari wide 27mm menjadi super-tele 648mm (sama seperti film 35mm). sebuah mode Super Macro dengan jarak pemotretan 0cm dan lensa Close-up 500D (58mm) optional memberikan anda fotografi macro yang lebih detail. Safety Zoom membiarkan pengguna untuk memanjangkan jangkauan zoom kamera tanpa interpolasi yang mempengaruhi kualitas foto – foto bisa diambil sampai dengan 24x zoom dengan resolusi yang cukup untuk cetakan postcard (10x15 cm) dengan kualitas tinggi. Para fotografer juga bisa mengaktifkan fitur Digital Tele-Converter3 untuk jangkauan telefoto tambahan (1.6x atau 2.0x) pada tiap kali potret, tanpa pengurangan pada aperture yang biasa disebabkan oleh optical teleconverter.

Teknologi baru untuk foto yang lebih bagus
Prosesor Canon DIGIC III memperkenalkan beberapa fitur baru yang dibuat untuk menghasilkan foto-foto yang lebih bagus dengan cara yang lebih mudah. Face Detection AF/AE/FE secara otomatis mendeteksi sampai sembilan wajah dalam sebuah scene dan mengoptimalkan fokus, exposure dan flash secara tepat. Sistem tersebut bekerja secara tepat dengan kelompok yang besar dan sewaktu subjek jauh atau bergerak dalam frame. Berbeda dengan PowerShot S5 IS, Face Detection AF/AE juga bisa diaktivasi sewaktu merekam film, dengan fokus dan exposure secara berkesinambungan diatur untuk subjek yang bergerak. Karena teknologi itu berbasis hardware, dia bekerja pada kecepatan yang sama seperti AiAF standard Canon.

Sama seperti Red-Eye Reduction yang berbasis flash sewaktu pemotretan, PowerShot S5 IS memiliki Red-Eye Correction untuk memotret foto, mengurangi keperluan untuk pemrosesan setelah pemotretan pada komputer. Sewaktu diaktifkan pada mode pemutaran, Red-Eye Correction menggunakan Face Detection Technology untuk menganalisa foto yang terpilih dan menghilangkan semua red-eye yang ditemukannya. Pengguna juga bisa menghilangkan red-eye secara manual.

Kepandaian fotografik
Menjawab keluhan para pengguna, LCD dengan sudut yang bervariasi telah diperbesar dari 2.0” menjadi 2.5” sementara resolusi layar menjadi lebih tajam pada 207k pixel. LCD tersebut bisa diputar ke arah manapun untuk memotret pada posisi yang aneh – seperti pada ketinggian pinggang atau dengan kamera dipegang diatas kepala. Pemotretan dengan pencahayaan rendah ditingkatkan pada pengaturan ISO tinggi (sampai dengan ISO 1600) dipastikan melalui kombinasi dari optical Image Stabilizer dan Noise Reduction Technology dari DIGIC III yang lebih canggih. Fungsi Auto ISO Shift yang baru mencegah keburaman dengan memberikan pengguna pilihan untuk meningkatkan pengaturan ISO – dan kecepatan shutter juga – dengan sebuah penekanan tombol setiap kali kamera meramalkan adanya getaran kamera.

Sewaktu anda menginginkan fotografi flash, hot shoe yang baru memberikan pengguna pilihan untuk menggunakan flash EX Speedlite eksternal atau pengaturan flash slave untuk mendapatkan kealamian atau efek cahaya yang dramatis.

Fungsi film yang luas
Sebagai tambahan untuk Face Detection pada fil, PowerShot S5 IS tetap menggunakan sebuah tombol film saja sehingga ara pengguna bisa secara langsung merekam tanpa harus mengganti dari mode pemotretan – cocok untuk menangkap saat-saat yang hanya terjadi sekali-kali. Sebuah mode Long Play secara signifikan menambah waktu perekaman untuk kualitas film VGA sementara mempertahankan frame rate 30 fps yang mulus. Perekaman suara stereo untuk file audio dan film sekarang bisa diatur sampai 64 tingkat, dan mengikut sertakan sebuah penyaring suara angin untuk kualitas suara yang bersih dan mengena. Fitur Photo In Movie yang mudah memungkinkan untuk melakukan pemotretan dengan resolusi foto selama perekaman film.

Pemotretan kreatif
Pilihan dari 22 mode pemotretan yang telah diperluas mulai dari otomatis sampai mode full Manual dan mengikut sertakan Aperture Priority, Shutter Speed Priority dan mode Custom yang ditentukan pengguna sendiri. Fungsi My Category memudahkan manajemen foto dengan secara otomatis mengkategorikan foto-foto – seperti Orang, Pemandangan, dan Events – tergantung dari deteksi wajah dan mode pemotretan yang dipilih.

PowerShot S5 IS memiliki keuntungan dari berbagai fitur yang akan sangat berguna bagi fotografer tingkat tinggi. Continuous Shooting AF yang baru mempertahankan fokus bagi subjek yang bergerak sambil memotret pada kecepatan 1.5 fps. Safety FE secara otomatis mengurangi aperture untuk menghindari highlight yang kabur sewaktu menggunakan flash dalam jarak dekat dengan subjek, sementara Safety MF membantu selama fokus secara manual dengan memberikan pengaturan yang bagus ke fokus. Kamera ini juga mempertahankan AEB (auto exposure bracketing) focus bracketing, dan sebuah tampilan histogram secara real-time untuk penilaian exposure yang lebih tepat.

Menggabungkan kemudahan pemakaian dengan fungsionalitas canggih, PowerShot S5 IS menawarkan kepada fotografer pemula maupun mahir sebuah pengalaman fotografik yang menyenangkan dan serba guna.

Pencetakan
PowerShot S5 IS menampilkan menu Print yang digunakan untuk akses secara cepat ke pilihan cetak. Dukungan Full PictBridge berarti pengguna bisa mencetak langsung ke printer PictBridge manapun yang kompatibel tanpa memerlukan PC. Sebuah tombol Print/Share memungkinkan pencetakan dengan sekali tekan dan upload yang gampang ke sistem Windows atau Mac.

Software
PowerShot S5 IS datang dengan Canon Software berikut :
ZoomBrowser EX 5.8 (Windows), ImageBrowser 5.8 (Macintosh) : untuk mengorganisir dan menyunting foto, film dan slideshow.
RemoteCapture Task 1.7 (Windows dan Macintosh) untuk pemotretan remote melalui PC.
PhotoStitch 3.1 : untuk menciptakan foto panorama dari beberaoa foto (Windows dan Macintosh)

Software-software tersebut mendukung Windows 2000 (SP4), XP (SP1-2), Vista dan Macintosh OS X v10.3-v10.4. Kamera ini mendukung PTP untuk transfer tanpa menggunakan driver ke Windows XP dan Macintosh OS X, bersama dengan MTP untuk transfer foto dan film ke Windows Vista.

Para pembeli kamera ini berhak untuk keanggotaan CANON iMAGE GATEWAY, tempat penampungan sebesar 100 MB untuk ‘galeri pribadi’ online untuk saling berbagi foto dengan keluarga dan teman.
Aksesoris
Aksesoris tambahan untuk PowerShot S5 IS meliputi :
Lensa Tele-converter 1.5x (TC-DC58B)
Lensa Wide-converter 0.75x (WC-DC58A)
Lens Adapter / Hood Set (LAH-DC20)
Lensa Close-Up 500D (58mm)
Canon Speedlite flash unit (220E, 430EX, 580EX)
High Power Flash HF-DC1
Soft Case (DCC-90)
Compact AC Power Adapter (CA-PS700)
Baterai dan Charger (CBK4-300)

by Duran Montana

Tidak ada komentar: